Cari Blog Ini

Sabtu, 17 April 2010

Mengapa Pria Sulit Minta Maaf?

Mengapa Pria Sulit Minta Maaf?


Kebanyakan wanita merasa bingung, ketika pria enggan mengucap kata maaf. Ternyata, menurut Barbara dan Allan Pease dalam buku 'Why Men Can’t Have a Clue and Women Always Need More Shoes', pria mempunyai sikap tidak bisa dimengerti wanita. Salah satunya, sulit meminta maaf.


Sebenarnya, apa alasan pria gengsi mengucap kata maaf? Allan mengungkapkan, bagi pria, kata ’maaf’ bukan sembarang kata yang bisa diucap berkali-kali. Karena ego pria yang tinggi, mereka akan meminta maaf cukup sekali, setelah berbuat kesalahan terhadap pasangannya.

"Bila sudah sekali berkata maaf, berarti ia mengakui kesalahannya. Masalahnya, kaum wanita justru ingin mendengar kata tersebut berulang-ulang, seolah-olah ingin ’menghukum’ pasangannya," kata Allan seperti yang dikutip dari www.modernmom.com.

Perlu wanita sadari, pria kerap merasa gengsi minta maaf, meski dalam hati mengetahui dia bersalah, Pria lebih khawatir harga dirinya jatuh dibandingkan memikirkan perasaan pasangannya. Bagi pria, dengan meminta maaf berarti ia menunjukkan kelemahannya.

"Maka itu, jika si dia sudah meminta maaf sekali, ada baiknya Anda tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. Biasanya, dia mengungkapkan permintaan maafnya lewat perbuatan," ujar Barbara Pease menjelaskan.

Egoisme dan harga diri adalah masalah yang sering menghalangi manusia untuk merendahkan diri meminta maaf. Setiap orang merasa dirinya lebih penting dan lebih hebat dari orang lain dan ingin dihormati. Untuk itulah Yesus kemudian memberi contoh dengan membasuh kaki murid-muridNya.

Dalam hubungan pasangan pria-wanita, dibutuhkan pengertian dan kerja sama kedua belah pihak untuk menjaga perasaan masing-masing. Inilah dasar yang Rasul Paulus tanamkan sebelum ia berbicara tentang hubungan suami-istri di Efesus 5:21, "rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar