Sabtu, 17 April 2010

Kesalahan di Facebook yang Dapat Membunuh Karir

Kesalahan di Facebook yang Dapat Membunuh Karir

Berdasarkan survei, 30% perusahaan menggunakan media Facebook untuk menilai calon pegawainya. Jadi, hati-hatilah, jangan sembarang menulis atau meng-upload sesuatu di account Anda. Hindari 6 kesalahan fatal di bawah ini.


1. Foto yang kurang sopan
Sekilas tidak ada yang salah dari memasang foto profil yang menunjukkan Anda sedang berpose menggoda atau tengah menenggak anggur di bar. Namun jika foto tersebut dilihat oleh calon atasan, image profesionalisme Anda akan langsung runtuh.

2. Mengeluh tentang pekerjaan
Banyak karyawan pernah melakukan ini setidaknya sekali. Keluhan itu bisa menjadi catatan perusahaan tentang seberapa banyak karyawan tidak menyukai kantornya. Mengeluh adalah sesuatu yang wajar, namun jika melakukannya di forum publik, itu menjadi hal yang berbeda.

3. Menulis sesuatu yang bertentangan dengan isi CV
Misalnya Anda menulis 1980 sebagai tahun lahir Anda di dalam CV. Tapi di Facebook, tahun lahir Anda 1972. Sekecil apapun perbedaan data diri tersebut, Anda beresiko dicap tidak jujur. Terlebih lagi sampai memalsukan data penting, misalnya latar belakang pendidikan.

4. Jangan menulis status "mengadu" pada atasan
Hati-hati saat menulis status seperti, "Tommy nggak masuk hari ini karena 'sakit', padahal lagi liburan di Bali. Sementara aku terkurung dengan kerjaan yang menumpuk." Status semacam ini bukan hanya nama baik teman Anda yang dipertaruhkan, tapi juga kredibilitas Anda sendiri. Anda akan terlihat licik dan tidak dapat dipercaya.

5. Tidak menggunakan fasilitas Privacy Setting
Kita dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat profil lengkap kita, siapa yang tidak bisa melihat foto-foto tertentu, dsb. Sayangnya, tidak semua pengguna Facebook memanfaatkan fasilitas ini. Bahkan banyak yang tidak mengerti atau tidak tahu sama sekali. Mulailah untuk menyesuaikan daftar teman mana yang bisa melihat atau tidak.

6. Pencemaran nama baik
Anda sudah menjaga halaman Facebook Anda baik-baik sehingga terlihat profesional. Tapi ada seorang teman meng-upload foto Anda yang sedang teler karena minuman, dan tentunya tak lupa men-tag Anda. Rajin-rajinlah mengecek Facebook Anda sehingga bisa langsung menghapus konten yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar